Honda
Honda Motor Company, Ltd.
Honda Giken Kogyo Kabushiki-gaisha 本田技研工業株式会社 |
|
Industri
|
|
Didirikan
|
|
Pendiri
|
|
Kantor pusat
|
|
Daerah layanan
|
Seluruh dunia
|
Tokoh penting
|
|
Produk
|
|
Pendapatan
|
|
Karyawan
|
|
Slogan
|
"The Power of
Dreams"
|
Situs web
|
Logo Honda Motor,Co Ltd
Sepeda motor Honda Rune
1832cc
Honda Motor Company, Ltd. (Japanese: 本田技研工業株式会社 Honda Giken Kōgyō Kabushiki-gaisha?, Honda Technology Research Institute
Company, Limited) listen (bantuan·info) (TYO: 7267) adalah produsen mobil, truk,sepeda
motor dan skuter asal Jepang. Mereka juga membuat kendaraan
segala medan (ATV), generator
listrik,
mesin kelautan, dan peralatan taman.
Honda didirikan pada 24
September 1948 oleh Soichiro
Honda.
Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959, [3][4] dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi
lebih dari 14 juta unit tiap tahun. [5] Honda berhasil menggusur Nissan sebagai produsen mobil
kedua terbesar di Jepang tahun 2001.[6][7]Honda juga menggusur Chrysler, untuk menjadi pabrikan
mobil terbesar keempat di pasar AS.[8] Sekarang ini, Honda juga
pabrikan mobil terbesar keenam di dunia. Pada 2004, perusahaan ini mulai
memproduksi motor diesel, yang sangat tenang dan
tidak membutuhkan penyaring untuk dapat melewati standar polusi.
Honda merupakan pabrikan Jepang pertama
yang meluncurkan merek mobil mewahnya, menggunakan merk Acurauntuk mobil mewahnya di Amerika
Utara.
Mobil Honda terkenal dengan daya tahan dan jarang rusak. Honda diIndonesia paling terkenal dengan
sepeda motornya.
Honda bermarkas di Tokyo. Saham mereka
diperdagangkan di Bursa
Saham Tokyo, Bursa Saham New York, dan juga perdagangan di Osaka, Nagoya, Sapporo, Kyoto, Fukuoka, London, Paris dan Swiss. American Honda Motor
Co., bermarkas di Torrance, California.
Daftar isi
Sejarah
Sejak usia muda, pendiri Honda, Soichiro
Honda (本田 宗一郎, Honda Sōichirō) memiliki minat besar
dalam kendaraan bermotor. Dia bekerja sebagai mekanik di Art Shokai, dimana dia
menyetel mobil dan dimasukkan kedalam balapan. Dia kemudian membuat desain
piston dan menjualnya ke Toyota. Rancangan pertamanya ditolak, dan Soichiro
bekerja keras untuk menyempurnakan desainnya, bahkan dia kembali sekolah dan
menggadaikan perhiasan istrinya sebagai jaminan
Produk
Mobil
Jajaran produk global Honda saat ini
terdiri dari Jazz, Civic, Accord, Insight, CR-V, CR-Z, Legend dan 2 versi Odyssey,untuk pasar Amerika,
dan satu untuk pasar
internasional.
Fitur dan kelengkapan untuk tiap kendaraan Honda dapat berbeda tergantung
negara dan kadang hanya ada di region itu saja. Beberapa di antaranya adalah Honda
Odysseydan Ridgeline di Amerika Utara.
Beberapa model eksklusif lainnya adalah hatchback Honda
Civic 5 pintu di Eropa.
Honda memasuki industri otomotif setelah Perang
Dunia II,
dimana pesaing sesama Jepang seperti Toyota dan Nissan telah memulai lebih
dahulu. Maka, Honda selalu melakukan sedikit perbedaan dari kompetitornya.
Produknya yang bertahan lama, seperti Accord dan Civic, selalu menggunakan penggerak roda depan, sehingga menjadi
tradisi Honda. Honda selalu memasang teknologi ke dalam produk-produknya,
pertamanya sebagai kelengkapan opsional, kemudian menjadi kelengkapan standar.
Contohnya adalah rem anti terkunci, power steering sensitif kecepatan, dan
injeksi bahan bakar multi-port awal 1980-an. Honda juga meluncurkan merek mewah
Jepang pertama yaitu Acura tahun 1986, mobil sport
berbahan aluminium Honda NSX, dan teknologi pengaturan
katup yang disebut VTEC.
Civic adalah salah satu mobil kompak yang dikembangkan dan
diproduksi oleh Honda. Di Amerika Utara, Civic nama model mobil Jepang tertua
kedua, setelah Toyota
Corolla yang diperkenalkan tahun
1968.[9] Civic, bersama dengan
Accord dan Prelude, adalah mobil-mobil
Honda yang dijual di Amerika Utara sampai 1990-an, sampai kemudian mobil-mobil
ini dikembangkan. Melalui beberapa generasi, Civic berukuran semakin besar dan
pasar meningkat dan saat ini menempati tempat di antara Jazz dan Accord. Honda juga
memproduksi Honda
Civic Hybrid, kendaraan listrik hibridauntuk bersaing dengan Toyota
Prius.
Produk hibridanya yang lain adalah Insight dan CR-Z.
Segmen truk pikap pertama Honda
Ridgeline memenangkan Truck of the Year dari majalah Motor Trend tahun 2006. Di tahun itu
juga, Civic memenangkan Car
of the Year dari majalah itu juga.
Lima dari sepuluh mobil paling efisien dari
1984-2010 menurut Badan
Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat adalah mobil-mobil Honda,
lebih banyak daripada pabrikan mobil lainnya. Lima model tersebut adalah Honda
Insight 2002-2006 dengan Templat:Convert/LoffAonDorSoffF, Honda Civic Coupe HF
1986-1987 dengan Templat:Convert/LoffAonDorSoffF, 1994–1995 Honda Civic
hatchback VX dengan Templat:Convert/LoffAonDorSoffF, 2006– Honda Civic
Hybrid denganTemplat:Convert/LoffAonDorSoffF,
dan 2010– Honda Insight dengan Templat:Convert/LoffAonDorSoffF.[10] ACEEE juga menyatakan Civic GX sebagai mobil terhijau di
Amerika selama tujuh tahun berturut-turut.[11]
Mesin
Meskipun Honda adalah perusahaan yang
memproduksi mesin, namun mereka tak pernah memproduksi mesin
V8 untuk kendaraan
penumpang. Di akhir 1990-an, Honda mendapat tekanan dari dealernya di Amerika
untuk membuat mesin V8.[12]Honda mulai memperhitungkan untuk
membuat mesin V8 di pertengahan 2000-an untuk sedan Acura, mobil sport NSX, dan
juga truk dan SUV di pasar Amerika. Program ini ternyata dibatalkan akhir 2008
dengan memperhitungkan aspek lingkungan dan kondisi ekonomi global yang
memburuk.[13]
Robot
ASIMO merupakan bagian dari
program penelitian dan pengembangkan robotika Honda. Program ini dimulai tahun
1986 dengan Honda E0 yang kemudian dilanjutkan
dengan Honda Seri E dan Honda Seri P. Asimo mempunyai bobot
54 kilogram dan tingginya 130 cm, bentuknya seperti seorang astronot yang
mengenakan tas punggung. Asimo dapat berjalan seperti manusia dengan kecepatan
sampai 6 km/j (3.7 mpj). ASIMO adalah satu-satunya robot humanoid
yang dapat naik dan turun tangga sendiri.[14]
Pesawat
Honda juga memproduksi pesawat dengan
produk HA-420 HondaJet melalui salah satu
divisinya yaitu Honda
Aircraft Company.
ATV
Lihat pula
References
1.
^ a b c d e "FY2012
Consolidated Financial Results: Toyota Motor Company".
May 2011. Diakses 15 June 2011.
3.
^ Grant,
Robert M. (2003), Cases
in contemporary strategy analysis (ed. 3rd), Wiley-Blackwell, ISBN 1405111801,
diakses 2010-11-12 Unknown parameter |ast2=ignored
(help)
4.
^ Johnson,
Richard Alan (2005), Six
men who built the modern auto industry, MotorBooks
International, ISBN 0760319588,
diakses 2010-11-12
5.
^ Miller,
Edward (2008-04-18). "FIRST
MOTORCYCLE AIRBAG EARNS TAKATA AND HONDA 2008 AUTOMOTIVE NEWS PACE INNOVATION
PARTNERSHIP AWARD". Honda.com. Diakses
2009-07-28.
6.
^ "Honda
overtakes Nissan to become Japan's second-largest carmaker. - Latest Car News
from 4Car". Channel4.com. Diakses 2009-11-22.[pranala
nonaktif]
8.
^ Ohnsman,
Alan. "Honda's
Dream of U.S. Production Protects Profits as Yen Surges".
Bloomberg. Diakses 2011-01-01.
10.
^ Scott
Doggett "EPA
Lists Top 10 Most Fuel-Efficient Cars From 1984 to Present" Green car
advisor – Edmunds, 10 June 2010. (mpg revised in accordance with 2008
regulation change)[pranala nonaktif][diragukan – diskusikan]
12.
^ News,
Automotive (17 October 2008). "Green-car
era poses test for Honda, The Car Tech blog – CNET Reviews".
Reviews.cnet.com. Diakses 22 November 2009.
13.
^ Abuelsamid,
Sam (6 January 2009). "Honda
S2000, CR-Z convertible follow Acura NSX and V8 to scrap heap".
Diakses 25 October 2010.[diragukan – diskusikan]
Pranala luar
Referensi
·
"Move Over, Volvo: Honda Sets New
Safety Standard for Itself", artikel pada bagian "News" edisi
Maret 2004 Motor Trend, hal. 32
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar